ITS Jalin Kerjasama Dengan Indosat Ooredo

image
PT Indosat Ooredo Tbk, salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Memorandum of Understanding (MoU) ini akan menjadi payung hukum bagi kedua belah pihak untuk menjalin kerjasama di masa yang akan datang. Kesepatakan tersebut dimulai di Gedung Rektorat ITS, Rabu (19/4).

Director of Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredo, Herfini Haryono mengawali dengan mengatakan keunggulan perusahaan dan apa saja yang dapat dilakukannya untuk ITS. "Kami dapat menyediakan fasilitas permagangan bagi mahasiswa. Selain itu, kami juga memiliki big data dan akses yang sangat kaya," ujar wanita berkerudung ini. 


Big data sendiri merupakan sebuah teknologi di dunia teknologi informasi yang memungkinan proses pengolahan, penyimpanan dan analisis data. "Dengan 85 juta pengguna layanan kami di Indonesia maka informasi yang kami miliki cukup banyak," terang Herfini. Ia mengatakan perusahaannya tidak akan berani kerja sama dengan ITS jika tidak memiliki solusi yang hebat.

Di samping itu, Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD juga memperkenalkan sekilas apa yang bisa dilakukan ITS beserta target-target yang ingin dicapai di masa depan. Joni mengatakan, Information and Communication Technologies (ICT) adalah salah satu fokusan utama ITS. Ia menerangkan tanggung jawab ITS untuk mengolah data keperluan tes masuk perguruan tinggi negeri se-nasional. 

Selanjutnya, guru besar Teknik Lingkungan ITS tersebut menjelaskan target yang ingin dicapai oleh ITS. Beberapa di antaranya adalah internasionalisasi ITS, melakukan banyak kemitraan, peningkatan publikasi jurnal, mengundang praktisi dari luar atau undangan menjadi pembicara ke luar, dan memberi manfaat bagi masyarakat. "Salah satu contohnya adalah motor Gesits, produk ITS yang dapat digunakan oleh masyarakat," katanya.

Joni menambahkan, dengan bermitra bersama Indosat, artinya ITS sendiri juga membuka pintu bagi keluarga dari Indosat yang ingin berkuliah di sini melalui jalur kemitraan. MoU ini juga dihadiri oleh beberapa dekan dan petinggi ITS. Dari pihak Indosat juga dihadiri oleh Group Head Regional Accounts, Fuli Humaeroh, Group Head Business Operation, Helmi Misbah, dan beberapa petinggi perusahaan lainnya. (yan/ven)