Hari Ini Pendaftaran SBMPTN Mulai Dibuka

image
SURYA.co.id | SURABAYA - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri mulai dibuka secara nasional, Selasa (11/4/2017).



Demikian juga untuk 6 perguruan tinggi yang berada dalam wilayah panitia lokal (panlok) 50, yaitu Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur dan Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Ketua Panlok 50, Yuni Sri Rahayu mengatakan, pendaftaran dilakukan secara online hingga 5 Mei 2017 pukul 22.00 WIB.

Saat mendaftar, calon peserta dapat memilih apakah akan ujian dengan menggunakan komputer (computer based test) atau menggunakan kertas.

Pendaftaran tes menggunakan komputer sedndiri, baru akan ditutup apabila kuota pendaftarnya telah terpenuhi.

''Untuk di panlok 50, jumlah komputer yang disetujui untuk tes ada 2.175. Ini tersebar di semua kampus,'' jelasnya dalam pembukaan pendaftaran SBMPTN Panlok 50 di Unesa kampus Lidah kulon, Selasa (11/4/2017).

Dia menjelaskan, secara keseluruhan proses pendaftaran SBMPTN sama dengan tahun lalu. SBMPTN bisa diikuti lulusan tahun 2015, 2016 dan 2017. Pilihan jenis ujian antara CBT puter Based Test (CBT), dan paper based test (PBT) akan keluar saat pendaftar telah melakukan konfirmasi data.

Dikatakannya, peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 program studi. Asalkan semuanya merupakan jenis prodi yang sama, baik itu Saintek atau soshum (sosial dan hukum).

''Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Peserta ujian yang hanya memilih 1 program studi dapat memilih program studi di PTN manapun,'' lanjutnya.

Sedangkan jika peserta ujian yang memilih 2 atau 3 program studi, salah satu program studi pilihannya harus di PTN yang berada dalam satu wilayah pendaftaran dengan tempat peserta mengikuti ujian.

Pilihan Program Studi yang lain dapat di PTN yang berada di luar wilayah pendaftaran tempat peserta mengikuti ujian.

''Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2017, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id,'' paparnya.

Selain itu, Wakil Rektor UPN, Ramdan Hidayat menjelaskan setiap PTN juga memiliki help desk. Help desk ini akan membantu pendaftar dalam informasi SBMPTN dan jurusan yang akan dipilih.

''Bisa dibantu mendaftar online juga, di UPN sedang kami siapkan di rektorat,'' lanjutnya.

 

Sumber : http://surabaya.tribunnews.com/2017/04/11/hari-ini-pendaftaran-sbmptn-mulai-dibuka