ITS Buka Lima Departemen D4 Tahun Depan

image
Peresmian Fakultas Vokasi pada Kamis (26/1), menuntut Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk memiliki departemen di fakultas itu yang lulusannya setara dengan program sarjana. Merespon hal tersebut, ITS pun berencana membuka lima departemen program Diploma IV (D-IV) pada pertengahan 2018.

Hal tersebut dinyatakan langsung oleh Dekan Fakultas Vokasi, Prof Ir M Sigit Darmawan MengSc PhD. Departemen yang akan bertambah pada program studi D-IV adalah Departemen Teknik Mesin Indsustri, Departemen Teknik Elektro Otomasi, Departemen Teknik Kimia Industri, Departemen Teknik Instrumentasi, dan Departemen Statistika Bisnis.

Sementara itu, Departemen Teknik Infrastruktur Sipil yang telah memiliki program D-IV juga akan menambah program studi, yaitu Magister Terapan Teknik Sipil (MTTS). "MTTS ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Paling lambat awal tahun 2018," ujar Sigit.

Terbentuknya Fakultas Vokasi ini membuat lokasi beberapa departemen juga berubah. Sigit mengatakan, Departemen Teknik Instrumentasi dan Departemen Statistika Bisnis akan dipindah dekat Gedung Grha Sepuluh Nopember, seperti departemen lainnya. "Kecuali departemen yang di daerah Manyar (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, red) akan tetap berada di sana,"  Sigit.

Kemudian terdapat beberapa agenda bidang kemahasiswaan Fakultas Vokasi seperti pembentukan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Vokasi, Mapping Prestasi, Mapping Potensi, Peningkatan Soft Skill, dan Persiapan Dies Natalis 2017. Sigit menegaskan pembentukan fakultas ini tidak akan mengubah pendanaan untuk kegiatan mahasiswa. (yan/hil)