Lebih Barokah Dengan Software Berlisensi

image
Selain Google Drive, fitur lain yang jarang diketahui mahasiswa ITS adalah Office 365 ITS. Berbeda dengan Google, kali ini Microsoft Corporation memberi lisensi penuh kepada ITS. Sehingga, civitas ITS dapat mengakses perangkat lunak Microsoft Office seperti Microsoft Word dan Excel secara gratis.

Perangkat lunak yang dibeli ITS  dikelompokkan berdasarkan 6 kategori. Yakni software untuk solusi bisnis, tools untuk developer, microsoft office, servers, windows, dan juga windows server.

Selain software gratis, Microsoft juga menyediakan penyimpanan cloud-nya, yakni OneDrive. Hanya saja, kapasitas penyimpanan awan yang disediakan terbatas, yakni hanya satu terabyte saja.

"ITS membeli lisensi ini sudah lama, tetapi jarang dipakai oleh warga ITS sendiri," keluh Iyan. Padahal penyediaan perangkat lunak berlisensi ini juga menghindari penggunaan aplikasi bajakan yang selama ini banyak digunakan.

Perangkat lunak Office berlisensi milik ITS ini asli dan dapat diunduh gratis pada http://integra.its.ac.id/app.php atau http://unduh.its.ac.id. Tentunya, dengan mengaktivasi akun Office terlebih dahulu menggunakan password integra.

Uniknya, satu akun yang dibuat dapat digunakan untuk mengunduh semua aplikasi Microsoft Office dalam lima perangkat. Misalnya dalam laptop, komputer maupun telepon seluler.

"Saya berharap fasilitas yang telah diberikan ITS dapat dimanfaatkan maksimal. Minimal dalam pengerjaan tugas akhir dan saat publikasi. Hasilnya pun lebih barokah karena menggunakan aplikasi yang bukan bajakan," tutup Iyan sambil terkekeh. (fai/riz)