Fitur Ini Jarang Diketahui Mahasiswa ITS

image
Apakah anda pernah mengeluh akan keterbatasan kapisitas Google Drive atau penyimpanan cloud lain yang hanya belasan giga byte? Barangkali anda belum tahu fitur yang disediakan ITS untuk civitasnya. Hanya dengan login menggunakan email ITS, mahasiswa dan dosen ITS bisa menggunakan akses Google Drive dengan kapasitas tanpa batas.

Dengan adanya fitur ini, mahasiswa tak perlu khawatir akan masalah kehilangan data penting. Pasalnya civitas ITS dapat menyimpan berkas secara daring dengan login di akun google menggunakan akun surat elektronik (surel) ITS. Begitu masuk dengan email ITS, maka civitas ITS dapat menggunakan Google Drive dengan kapasitas unlimited (tanpa batas, red).

Sayangnya, fitur ini jarang diketahui oleh civitas ITS sendiri. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Teknologi Sistem Informasi (LPTSI) ITS, Dr Eng Febriliyan Samopa SKom MKom.

Pria yang akrab disapa Iyan ini mengungkapkan fasilitas ini semestinya dimanfaatkan dengan maksimal, lantaran selama ini hanya segelintir civitas ITS yang menggunakan fitur ini. "Mengingat banyak mahasiswa yang sering kehilangan datanya karena alasan tertentu, gogle drive ini sebaiknya digunakan saja" ujar mantan Kepala Departemen Sistem Informasi ITS ini.

Iyan mengungkapkan memang belum ada kerjasama langsung dari pihak Google dan  ITS. Namun, Google memang memberikan fasilitas Google Apps For Education  kepada lembaga pendidikan. 

Kapasitas penyimpanan ini tentunya membawa banyak keuntungan untuk civitas ITS. Bandingkan saja dengan menggunakan surel gratis biasa yang hanya memiliki kapasitas 15 GB.

Selain itu, mahasiswa juga tak perlu repot membawa perangkat penyimpanan data seperti flash disk ataupun hard disk kemanapun. Apalagi Google Drive juga tetap dapat bekerja dalam fitur offline.

Iyan berharap agar lebih banyak mahasiswa yang menggunakan fasilitas ini. "Selain lebih menguntungkan, email dan penyimpanan ini juga bisa digunakan ketika mahasiswa telah menjadi alumni," pungkasnya. (fai/riz)