Nala V, Kapal Cepat ITS Berlaga di Roboboat

image
Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2016 atau yang lebih dikenal sebagai Kontes Roboboat 2016 resmi digelar hari ini, Selasa (29/11). Dengan tiga kapal yang berhasil lolos, ITS optimis mendapat hasil terbaik. Salah satunya Nala V, kapal kendali otomatis yang merupakan karya gabungan beberapa Departemen di ITS.

Berbeda dengan Kapal Barunastra lain yang merupakan karya murni dari Departemen Teknik Perkapalan, Nala V merupakan kapal riset yang melibatkan berbagai Departemen di ITS. Departemen yang terlibat diantaranya adalah Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Informatika serta Sistem Informasi.

Nala sendiri berasal dari dua kata.  Naval yang berarti kapal dan autonomus yang berarti otomatis, sehingga jika digabung menjadi kapal otomatis. Rupanya, nama ini juga berasal dari prajurit Kerajaan Majapahit, Mpu Nala. Sedangkan V sendiri berarti bahwa perahu ini adalah generasi kelima Nala.

"Kalau kapal dengan remote control memang didesain untuk kecepatan tinggi. Sedangkan kapal Nala V kita desain untuk komponen berat," ujar Rudy Dikairono ST MT, pembimbing Tim Nala V. Tercatat, Nala V berhasil mencetak skor untuk waktu tempuh selama 15 hingga 20 detik untuk lintasan sepanjang dua kali 15 meter saat simulasi. "Ini masih ada waktu. Kita akan mengejar sampai sepuluh atau 15 detik," tambahnya saat diwawancarai oleh ITS kemarin (28/11).

Hebatnya, kapal ini didesain dan dilengkapi dengan piranti lunak elektronik otomatis atau sensor warna, sebagai pengganti remote control. Kapal Nala V juga digerakkan dari kamera yang berfungsi sebagai sensor. "Ketika kapal dilepas, dia harus ikut lintasan secara otomatis," ujar dosen dari Jurusan Teknik Elektro tersebut.

Sebagai tambahan, Barunastra adalah riset kapal tanpa awak karya mahasiswa ITS. Saat ini, Barunastra terbagi menjadi tiga tim, yakni Nala V, Hydros, dan Astramaya Evo. Tahun ini ITS kirimkan tiga timnya sebagai perwakilan di setiap kategori kontes Roboboat 2016.

Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam kontes ini. Ketiga kategori tersebut diantaranya Kapal Kendali Otomatis (Autonomous Surface Vehicle/ASV), Kapal Cepat Listrik dengan Sistem Kendali Jauh (Electric Remote Control/ERC) dan Kapal Cepat Berbahan Bakar dengan Sistem Kendali Jauh (Fuel Engine Remote Control/FERC).  (mbi/ao)