Program Magister (S2)

TUJUAN PENDIDIKAN

Tujuan pendidikan Program Pasca Sarjana Arsitektur adalah meningkatkan taraf penguasaan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan di program Sarjana agar mempunyai kemampuan untuk :

  1. Berpartisipasi dalam pengembangan bidang ilmu arsitektur dan mengikuti perkembangan yang mutakhir dalam dan luar negeri.
  2. Merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah dengan cara penalaran ilmiah
  3. Meningkatkan pelayanan profesi dengan jalan penelitian dan pengembangan
  4. Mengembangkan kemampuan profesional dalam spektrum yang lebih luas dengan mengaitkan bidang ilmu arsitektur

Guna mencapai tujuan tersebut perlu diusahakan untuk tetap menjaga penguasaan wawasan disiplin ilmu arsitektur secara menyeluruh walaupun terbuka kesempatan untuk memilih salah satu bidang keahlian tertentu.


PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI

Dalam pengembangan studi jurusan Arsitektur bekerjasama dengan Univ. of Newcastle (UK), DPU Univ. of College London (UCL, UK), Univ. of Manchester (UK), Univ. of Melbourne (Australia) dan Univ. of Kyoto (Japan). Kerjasama tersebut dalam bentuk kuliah tamu, penelitian bersama serta kegiatan akademik lain untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

JANGKA WAKTU BELAJAR DAN BEBAN KREDIT

Jangka waktu penyelesaian program pendidikan magister adalah dua tahun, yang terbagi atas empat semester. Beban studi tiap semester adalah 10-12 sks, 1 sks pada program Magister menuntut 4 jam kegiatan akademik setiap minggu selama 16 minggu per semester. Jadi setiap peserta diwajibkan melakukan kegiatan akademik antara 36-48 jam per minggu.

Kegiatan akademik meliputi:

  1. Penguasaan teori (tatap muka dikelas maupun kegiatan di laboratorium, studio perancangan, studi kepustakaan, berperan secara aktif dalam diskusi, seminar, melakukan penelitian, serta mengikuti proses evaluasi studi/ujian)
  2. Eksplorasi lapangan (studi kasus)
  3. Pengembangan ilmu dan profesi

Jumlah beban kredit untuk program Magister adalah 36 sks , yang terdiri atas :

  1. Mata kuliah wajib (15 SKS)
  2. Mata kuliah pilihan: pengenalan dan substansi keahlian (13 SKS)
  3. Penelitian dan penulisan tesis (8 SKS)

PERSYARATAN PESERTA

Berijazah S1 (Sarjana) Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta  yang terakreditasi minimal B, dengan latar belakang  disiplin ilmu sesuai dengan jalur masuk:

a. Non – RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau):

  1. Berasal dari disiplin ilmu Arsitektur (dengan tugas akhir berupa Perancangan Arsitektur), untuk bidang minat Perancangan Arsitektur, atau
  2. Berasal dari disiplin ilmu Arsitektur untuk bidang minat Ilmu Arsitektur (Perumahan dan Permukiman, Perancangan Kota, Teori dan Kritik Arsitektur, Arsitektur Lingkungan, Real Estat, dan Manajemen Pembangunan Kota).

 

b. RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau):

Berasal dari disiplin ilmu Arsitektur, Planologi, Interior, T. Sipil, T. Lingkungan, dan Ekonomi Perkotaan, untuk bidang minat Ilmu Arsitektur (Perumahan dan Permukiman, Perancangan Kota, Teori dan Kritik Arsitektur, Arsitektur Lingkungan, Real Estat, dan Manajemen Pembangunan Kota).

 

Persyaratan lainnya adalah:

  1. Memiliki IPK sarjana minimum 3.25
  2. Memiliki nilai TOEFL 450 atau setara, dan nilai TPKA 450
  3. Lulus ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru pascasarjana.

BIDANG KOMPETENSI

Departemen Arsitektur FTSPK- ITS mulai tahun ajaran 1998/1999 menyelenggarakan Program Pendidikan Magister Arsitektur (S2) dengan kurikulum yang menawarkan 2 (dua) bidang peminatan, yaitu:

  1. Perancangan Arsitektur
  2. Ilmu Arsitektur (meliputi bidang Perumahan dan Permukiman Kota; Teori dan Kritik Arsitektur; Perancangan Kota; Arsitektur Lingkungan; Real Estat; dan Manajemen Pembangunan Kota).

PENDAFTARAN

Surat lamaran beserta lampirannya dan copy pembayaran biaya ujian masuk dapat disampaikan sendiri atau dikirim ke alamat :

DIREKTUR PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
KAMPUS ITS, SUKOLILO SURABAYA 60111

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Sekretariat PPs-ITS
Telp. (031) 5947213, 5992526, 5994251 – 55,
Pst. 1310, 13111, 1315, 1316
Fax/Telp. (031) 5947213
Email : ppsits@rad.net.id, ppsits@its.ac.id

ATAU

Departemen Arsitektur ITS
Telp. (031) 5927290 Fax. (031) 5996972
Koordinator Program S2 & S3 Arsitektur ITS
Telp. (031) 5996210, 5994251, – 55 Pst. 1145
Fax. (031) 5924301

Kurikulum Program Studi Magister bisa dilihat disini