News

Kuliah tamu ITS Finance Group bertajuk Islamic Finance: Global Trends and Challenge di Departemen Matematika

Sen, 02 Mar 2020
9:53 pm
Informasi
Share :
Oleh : daktuaria   |

Ketua Pelaksana Kegiatan, Wawan Hafid Syaifudin MSi MActSc mengatakan, kuliah yang diinisiasi oleh ITS Finance Group ini menjadi wadah untuk mengenalkan keuangan syariah pada mahasiswa. ITS Finance Group sendiri merupakan grup yang dipilari dosen Departemen  Aktuaria, Departemen Statistika, Departemen Matematika, dan Departemen Manajemen Bisnis yang memiliki riset atau ketertarikan terhadap bidang keuangan. “Ke depan, kami juga berencana menyatukan seluruh sivitas akademika untuk membentuk Pusat  Studi Keuangan dan Manajemen Resiko ITS,” ujarnya.  

Dalam kuliah yang bertajuk Global Trends and Challenge ini dijelaskan, keuangan syariah diartikan sebagai sistem yang menggunakan prinsip dasar islam sebagai pedomannya. Dalam praktiknya, terdapat larangan melakukan pemberian bunga, judi, monopoli, penipuan, penimbunan barang, hingga menimbulkan kerugian bagi salah satu pihak. “Perkembangan yang pesat dan banyaknya jumlah populasi muslim Indonesia mendorong kami untuk mampu mempersiapkan datangnya fenomena keuangan tersebut,” jelas dosen Aktuaria tersebut.

Wawan menambahkan, pesatnya tren keuangan ini dapat dilihat dari cukup banyaknya negara  di dunia yang telah menerapkan konsep keuangan syariah.  Negara-negara tersebut di antaranya, Qatar, Malaysia, dan Turki. “Tidak sedikit pula negara yang tidak menganut asas islam seperti Singapura, Inggris, Hongkong dan Nigeria mulai mengadopsi sistem ini secara perlahan,” tambahnya.

Satu hal yang menurutnya perlu digarisbawahi, keuangan syariah tidak hanya berkaitan dengan umat islam. Akan tetapi, dapat dijadikan konsep alternatif yang lebih stabil daripada sistem keuangan konvensional. “Sistem ini dapat menarik minat peminjam yang masih dihantui pergolakan pasar obligasi dan ekuitas global di Amerika yang meledak,” ujarnya.

Antusiasme peserta saat mengikuti kuliah tamu Islamic Finance oleh ITS Finance Group.

Sayangnya, di Indonesia sendiri, penetrasi pasar (strategi pertumbuhan, red) untuk keuangan dan asuransi syariah dirasa masih rendah. Menurut alumni University of Waterloo tersebut, tantangan terbesar dari topik keuangan syariah terletak pada pengenalannya dalam lingkungan akademisi dan masyarakat luas. Selain terdengar masih awam, konsep ini cukup sering disalahartikan. “Tak harus muslim, setiap orang dapat mempelajari dan turut serta dalam proses pelaksanaannya, semoga semakin banyak masyarakat yang teredukasi dengan konsep keuangan ini,” harapnya.

Latest News

  • Pemberitahuan untuk Calon Wisudawan ITS Ke-126

    Sesuai kalender akademik ITS Nomor 222/IT2/T/HK.00.01/2022 tanggal 15 Februari 2022 Wisuda ITS ke-126 akan dilaksanakan pada Periode Pertama 17-18

    27 Jul 2022
  • Mahasiswa Departemen Aktuaria ITS yang telah lulus ujian PAI

    Selamat ! Selamat kepada mahasiswa Departemen Aktuaria ITS yang telah lulus ujian PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia) Semoga menginspirasi 😊Website:

    30 Mar 2022
  • Selamat Wisuda kepada seluruh Wisudawan Pertama Departemen Aktuaria ITS

    Hai sobat aktuaria para Wisudawan Pertama Departemen Aktuaria ITS. Selamat Wisuda kepada seluruh Wisudawan Pertama Departemen Aktuaria ITS. 1.

    26 Mar 2022